Sunday, September 13, 2015

Kompetensi vs Motivasi


Salah satu profesor ku bilang, seseorang bisa berhasil atau tidak dalam hidupnya bisa dilihat dari kompetensi dan motivasinya. Kriteria ini terbagi jadi 4 seperti gambar di atas. 
  • Kuadran 1 adalah dimana kompetensi seseorang rendah dan begitu pula motivasinya. Beliau bilang orang-orang dengan kriteria ini semacam preman. 
  • Kuadran 2 adalah ketika seseorang memiliki kompetensi yang lebih tapi dia tidak punya motivasi dalam hidupnya. 
  • Kuadran 3 adalah dimana seseorang sebetulnya tidak memiliki kompetensi dalam diri, tapi ia punya motivasi yang tinggi untuk berhasil. 
  • Kuadran 4 tentunya yang paling sempurna. Ketika seseorang memiliki kompetensi dan motivasi yang tinggi dalam dirinya. 

Orang-orang tipe 1 dan 2 gak bakal pernah berhasil dalam hidupnya sedangkan orang-orang tipe 3 dan 4 lah yang kemudian bisa berhasil. Namun, disadari atau tidak, kunci utama dalam keberhasilan adalah MOTIVASI. Orang-orang tipe 3 dan 4 perlu waspada. Sekali mereka kehilangan motivasi, mereka semua akan otomatis menjadi bagian dari orang-orang tipe 1 dan 2. 
Aku sendiri merasa aku ini tipe 3. Aku sadar diri, kompetensi ku biasa aja. Aku bukan jenius, tapi aku punya semangat buat mewujudkan cita-citaku. Aku bisa sampai sejauh ini pun karena ada semangat. Lalu sekarang, jika motivasi dan semangatku hilang, akan kubawa kemana jalan hidupku kemudian?

No comments:

Post a Comment