Friday, July 1, 2016

Daily Update Challenge #1

Sebenernya blog gue ini arahannya dan konsepnya apaan sih ya? Kayaknya blog ini makin jauh dari rencana awal, yang tadinya dibuat demi mengepos serta membahas hal dan isu yang agak serius. Namun ternyata gue bahkan sangat malas buat buka leptop kalo di rumah. Bah. Dan blog ini lama-lama ngebahas hal yang ga penting, sama kayak blog sebelumnya. Ya.. mungkin perlu dikonsep ulang. Entah gimana dan kapan. Males mikirnya.

Kali ini gue mau pengakuan dosa. Dalam waktu kurang dari 3 jam, hari ini gue udah turut menyumbang sampah buat Bumi. Gue beli seblak di RW sebelah yang dikemas pake styrofoam dan beli minuman kemasan teh oolong. Lalu sekarang gue merasa bersalah karena:

  1. Styrofoam butuh waktu lama buat hancur. Lama bangeeeet... Lebih lama dari plastik. Biasanya gue kalo beli seblak di Bu Budi minta dibungkus plastik aja karena toh sampe rumah gue pindahin juga ke mangkok. Tapi tadi gue lupa minta, dan ibunya juga ga biasanya ga nanya. Jadi yaudah. Gue hanya berharap kemasan seblak ini gak berakhir ngapung di kali-kali. 
  2. Beli minuman berbotol plastik, yang sama butuh waktu lama buat terdekomposisi. Udah cukup lama gue commit buat gak beli minuman kemasan, terutama yang berbotol plastik. Caranya ya gue kemana-mana bawa tumbler sendiri biar bisa refill air terus. Selain jadi lebih sehat, gue gak perlu keluar duit buat beli minuman botol ke Bang Ed (Ehm, kecuali keluar duit buat beli kopi yaaa itu lain cerita). Pernah mikir ga, itu sampah botol larinya kemana? Ya, bisa dimanfaatkan buat bikin barang lain, tapi berapa persen sih yang termanfaatkan itu? Sisanya ya numpuk di TPS nunggu membusuk entah sampai berapa ratus tahun ke depan. Kalo iya berakhir di TPS. Kalo nyasar ke sungai gemanaaa coba. Sedangkan hari gini tuh apa-apa pake plastik mentang-mentang murah. Coba aja lo liat tuh kalo ke Indom*ret dsb, kulkas buat jualin minuman botol plastik ada berapa biji. Bisa sampe 6 biji men! Produksinya masif, tapi 1 botolnya aja butuh waktu ratusan tahun buat hancur. Gila. Dalam sebulan ini gue paling engga sampe 7 kali beli minuman botol plastik. Entah karena bulan puasa, rasanya tenggorokan dahaga banget jadi pengen minum yang dingin dan berasa. Jadi ya gitu. Huff. Merasa bersalah.

Pengen banget care sama tempat kita tinggal, sama lingkungan kita, sama Bumi kita. Caranya baru dari diri sendiri aja lah, ya kaya gini-gini aja. Hal-hal yang kayaknya sepele, tapi sebenernya engga.

Bugasee, Kassel, July 1st, 2015. 

Ps: Tadi gue habis ditantang si Diaz buat membuat postingan harian selama bulan Juli. Dan kuterima tantangannya. Maka jadilah ini. 


1 comment:

  1. Kita harus care nyet sama bumi. Care 👂👂👂
    😂😂

    ReplyDelete