Sunday, July 3, 2016

First Time Doing Some Things (DUC #2)

When was the last time you did something(s) for the first time? Well, me, is like a year ago, last summer. To be exact, i did many things for the first time, and those experiences are really unforgettable.


  • I had my first trip abroad

Yes, i'd never gone abroad, even to the overrated Southeast Asia country, Singapore. I kept dreaming to travel to Europe, esp Germany. Let's say it's my obsession and coincidentally, this f*ckn' bastard lady had opportunity winning a scholarship to join summer school program in Kassel, Germany. And yeay! Akhirnya gue pernah ke luar negeri, ke negeri impian pulak! What a lucky bastard! And sure enough it was the first time i live separately from my family.

Second day in Frankfurt

  • First time went to the church
Bukan, bukan buat berdoa, tapi cuma sekedar wisata. Gereja pertama yang gue kunjungi adalah St. Elizabeth Church yang terletak di Kota Marburg. Perjalanan ke Marburg nya ga direncanain sama sekali. Setelah perkuliahan beres, waktu masih menunjukan pukul 10 pagi waktu setempat, trus gue ketemu Hoang di lobby dan gue sapa. Haha hihi. Trus tetiba doi bilang "I'm gonna go to Marburg with Darren and Rosalind. Wanna join?" Gak pake mikir gue langsung bilang "YES!" Dan begitulah, pergilah kita ke Marburg dan gue masuk gereja buat pertama kalinya, yang setelah dari St. Elizabeth itu, kita semua visit gereja lagi gereja lagi haha. Mungkin dalam sehari itu gue berkunjung ke 5-6 gereja, mulai dari gereja katolik gothic sampe gereja protestan, ada semua. Sampai pergi ke Paris sama Gebi pun masih sempet juga ngunjungin gereja Notre Dame. 

St. Elizabeth Church

Tim Marburg
  • Smoking sisha & went to Irish Pub
Itu semua karena Scavanger Hunt. Itu loh, games yang lo dan tim lo harus harus ngumpulin point sebanyak-banyaknya dari beberapa pilihan tantangan yang tersedia. And one of them is smoking sisha. How bad did it look like to me? Well i didn't care. it was just a sisha, i mean. it's not cigarette. Nah finish point dari game itu adalah di Irish Pub tempat temen-temen gue biasa nongkrong sampe subuh (dan paginya kembali ke kampus. Mereka gila!). Kalo lo suka nonton How I Met Your Mother, itulah Irish Pub yang gue datengin. Persis sama, plus ada stage kecil buat karokean. Gue sih ngerasa awkward dateng ke sana, terlebih gue berjilbab. Rasanya ga enak aja, walaupun ga ada yang peduli juga sebenernya sih orang-orang. Dan waktu gue lagi di sana, datenglah wasap dari Norita yang isinya ngajak iftar ke mesjid Turki. Jadi ironinya, setelah gue nge-pub, gue langsung tobat ke mesjid hahaha. 


Nyisa

Prost!

  • First time 19-20 hours fasting, doing i'tikaf, and Eid without family
Ramadhan in northern hemisphere while summer is quite tough for me since i had to fast for 19-20 hours! Apalagi di negara muslim minoritas. Selain harus menahan godaan dari diri sendiri, gue juga harus jago2 jaga godaan dari orang lain. And it's everywhere! People ate ice cream everywhere! In the bus, tram, sidewalk, university, downtown. Hellooo.. it was summer! Tapi ya kalo emang niat, apalagi niat beribadah, Allah pasti bantu. Alhamdulillah kuat-kuat aja gue puasa sekian jam di sana, dibarengin hiking pulak coba bayangkan! Gue ga ngerti dapet kekuatan darimana, yang jelas pada saat itu gue semangat 45 banget ngapa-ngapain. Tidur tiap harinya kurang dari 6 jam tapi gue ga ngerasa kecapean. Kreji! Saat itu juga gue pertama kali melakukan i'tikaf. Hehe. Selama di negeri sendiri gue belum pernah tuh yang namanya beri'tikaf di mesjid, nah sampe sini begaol dengan cewe-cewe shalehah jadinya pernah jugaa...

Lebaran pun jatuh sehari sebelum keberangkatan gue kembali ke Indonesia. Jangan bayangin lebaran kayak di Indonesia, di sana -apalagi di Kassel yang kota kecil- mesjid aja gak ada. Pilihannya cuma dua: lebaran bareng orang Turki atau bareng orang Arab. Hostfam gue sepakat ikutan rombongan Arab (Yah, padahal gue ngarep bareng rombongan Turki, biar bisa ngeceng wkwk). Shalat Ied nya di dalem gedung (rumah) sewaan. Tapi suasananya jangan ditanya bok, kaya di lapangan gasibu. Rame betul... Waktu lebaran ini puncak-puncaknya ke-homesick-an gue, terutama karena itu hari Lebaran. Biasa dari lahir lebaran sama orang tua, kali itu gue lebaran jauh dari orang tua dan mereka gak ada menghubungi gue sama sekali. Kan jadi nangis bombay lah gue jadinya hiks. Tapi asli, berkesan banget mungkin karena kita sedikit, orang Indo cuma belasan, jadi kekeluargaannya erat banget di sana. Ah... i miss those moments..

Me and my hostfamily. Left-right: Me and my swollen eyes (abis nangis bombay), Kak Norita, Sarah, Ummy

PS: WHAAAAAT terlambat beberapa detik jadi udah kepost tanggal 3. huft

No comments:

Post a Comment