Tuesday, July 5, 2016

Tradisi Malam Takbiran (DUC #5)

Biasanya, apa yang lo lakukan ketika malam takbiran?
a. Takbiran di mesjid / takbiran keliling kampung
b. Masih sibuk masak di dapur
c. Masih terjebak di mall buat belanja baju lebaran
d. Yaudah, ga ngapa-ngapain
Hayooh... Jujur... biasanya lo pada ngapain???

Mungkin kegiatan malam takbiran ala orang dewasa gak terlalu bervariasi. Diantaranya ya seperti yang saya sebut di atas. Sekarang pertanyaannya gue ganti sedikit. Dulu, ketika lo masih kecil, apa kegiatan yang biasa lo lakukan ketika malam takbiran sehingga kegiatan itu bisa jadi tradisi buat lo? 

a. Ikutan takbiran keliling kampung
b. Main kembang api
c. Main petasan
d. Nonton Home Alone (lah emang ada?)
e. Main petak umpet sama sepupu
f. Yaudah, bobo aja

Kalo gue, gue gak pilih yang manapun. Tradisi malam takbiran di keluarga gue (mungkin) agak beda. Dulu zaman gue bocah, bokap gue setelah lebaran biasanya beliin celengan plastik buat gue dan adek gue si Ical (Fadhil belum lahir). Nah setiap harinya kita selalu masukin duit koin cepek-an yang gede banget itu atau yang emas, atau kalo lagi beruntung masukin duit pemberian om/tante kakek/nenek yaitu duit 500 perak gambar orang utan atau 1000-an gambar danau toba. Dan ketika malam takbiran tahun depannya tiba, gue dan Ical duduk manis ngeliatin bokap "membelah" celengan kita. Setelah celengan masing-masing kebuka, kita hitung deh berapa tabungan masing-masing. Siapa yang paling banyak tabungannya dapet bonus. Yang lebih dikit tetep dapet bonus.. Hehe. Lumayan kan, ketika lebaran tiba kita bisa jajan pake duit sendiri atau disimpan ke nyokap buat beli peralatan sekolah lucu-lucu. Hihihi.. 

Celengan plastik warna-warni (Sumber: Google)

Gimana? Kalau tradisi malam takbiran kamu apa?


No comments:

Post a Comment